Ahmed Mohamed, 14 tahun, sekolah SMA di Irving, Texas. sangat tertarik dengan bidang teknologi. Suatu saat dia membawa hasil rakitannya sendiri berupa jam digital . Dan problemanya timbul dari sana.

Di saat Ahmed menunjukkan jam hasil karyanya , gurunya berpikir Ahmed sedang membawa sebuah bom. Sekolah pun akhirnya memanggil polisi, serta memaksa Ahmed berhenti dari sekolah. Ahmed dituding memiliki bom yang dibawa ke sekolah.

Ahmed di borgol walaupun ia telah memberi penjelasan ke semua orang, . namun tidak ada satupun orang yang percaya pada saat itu. Akhirnya Ahmed dihukum karena dapat mencelakakan banyak orang dengan diduga membawa bom.

ahmed di tangkap

Tindakan pihak kepolisian dan sekolah telah memicu kemarahan di SosMed, #IStandWithAhmed menjadi trending topic dimana mana. Meskipun akhirnya Ahmed dibebaskan karena tuduhan pihak sekolah belum terbukti.

Tampaknya, kasus Ahmed ini membawa peruntungan tersendiri. Ahmed diundang oleh orang nomor satu di Amerima (Obama) ke Gedung Putih untuk menunjukkan jam ciptaannya.

Twiter Obama ke ahmed

Tidak hanya itu, datang enam tawaran dari perusahaan besar lainnya ke Ahmed. Penggagas situs Box.com, mengajukan tawaran kepada Ahmed.

CEO Box

Salah satu awak dari NASA, mengajukan tawaran untuk ditunjukkan di science show Generator.

dari Nasa

Goggle pun mengajukan tawaran agar Ahmed hadir untuk memamerkan jam digital ciptaannya tersebut di Goggle Science Fair.

dari Google

Reddit pun tidak mau kalah. Salah satu situs forum terbesar di dunia ini (Reddit) mengagajukan tawaran magang untuk Ahmed.

dari Reddit

Dari Twitter, tentu saja, tidak ketinggalan , twiter pun menawarkan agar Ahmed turut membantu membangun Twitter.

dari twitter

Dan tentu saja, dari situs yang merajai SosMed yaitu Facebook. Langsung dari CEO nya sendiri yaitu Mark Zuckerberg, Ahmed ditawarkan datang ke kantor Facebook.

dari CEO Facebook

Beberapa hacker pun berkomentar bahwa kasus Ahmed ini adalah simbol dari tindakan kekerasan terhadap kebebasan berekspresi dengan elektronik. Ketika banyak orang lain yang mengatakan bahwa Ahmed adalah seorang tersangka, karena namanya adalah sangat Islami. Irving adalah satu diantara kota di Texas yang bernuansa “Islamophobia “.


Baca Juga