Cara Memandikan dan membedong si cabang Bayi Yang Baru Lahir , Semoga bermanfaat untuk ibu dan calon ibu yang akan punya momongan.

Cara caranya adalah :
1. pastikan si mama/bundanya sudah menyiapkan semua keperluan kelengkapan mandi si cabang bayi.

2. Periksa terlebih dahulu suhu air sebelum sang mama/bundanya memasukkan si cabang bayi ke dalam air, cara yang paling gampang adalah dengan mencelupkan siku anda ke dalam air, Jika air tidak terasa terlalu panas atau terlalu dingin , maka suhu air tersebut sudah aman untuk si cabang bayi , menggunakan air hangat sangatlah penting saat memandikan si cabang bayi khususnya bayi yang baru lahir supaya dapat menjaga agar suhu air kurang lebih bisa sama dengan tubuh si kecil dan pastinya memberikan rasa nyaman sehingga bayi tidak merasakan kedinginan, suhu yang ideal menurut saran dokter adalah sekitar 36-37 derajat celcius.

3. Menurut sran dokter jangan memandikan si cabang bayi dengan air dingin karena itu akan membuat kulitnya menjadi kering dan tidak sehat juga untuk si cabang bayi.

Baca Juga : Tip’s Aman Ajari Bayi Berenang

4. Batasi memandikan si cabang bayi dengan sabun berbusa yang mengandung banyak detergent dan tidak baik bagi kesehatan kulit si cabang bayi karena masih sensitif, Pilihlah menggunakan sabun yang aman bagi kulit bayi dan mengandung vitamin E , jika anda memang sayang dengan anak anda jangan pernah sekali kali menggunakan sabun mandi bayi dengan kadar detergent yang cukup tinggi itu sama saja menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit kulit di kemudian hari.

5. Sangat tidak disarankan memandikan si cabang bayi dengan memakai sabun antiseptik atau anti bakteri, karena sabun tersebut bersifat irritant yang tentunya kurang baik bagi kesehatan kulit si cabang bayi yang masih mulus dan masih berkembang.

6. Hindarilah memandikan si cabang bayi sesaat setelah minum ASI, terutama si cabang bayi yang baru lahir , karena si kecil yang baru lahir biasanya akan sedikit muntah, jika hal ini terjadi saat si cabang bayi sedang mandi justru malah anda akan memandikannya sekali lagi, cape kan mom.

7. Bukalah baju si kecil dengan hati hati, bungkus si cabang bayi dengan handuk yang lembut di pangkuan mommy, kemudian usap mata si cabang bayi dengan kapas yang telah di beri/dibasahi dengan air matang yang dingin [bukan air es yang dikulkas ya mom], bersihkan bagian sekitar mulut dan wajah si kecil, kemudian bersihkan mata si cabang bayi dari arah luar ke dalam dengan kapas tersebut.

8. Lalu basuh bagian wajah, kepala, leher , dada , lengan , punggung dan juga tungkainya, perhaytikan juga daerah daerah lipatannya, kemudian bersihkan bagian lubang hidung si kecil dengan hati hati ya mom dan juga bagian terluar dari telinganya yang dapat dilihat dengan menggunakan kapas [cutton bud] yang basah.

9. Pilihlah sabun bayi yang aman dengan formal PH balance agar tidak terasa pedih dimata kemudian Sabunilah bagian kepala dan badan di kecil ada baiknya dengan menggunakan washlap.

10. Keramasi rambut si cabang bayi, pegang kepala si kecil di atas bak mandi, setelah itu keringkan , lepaskanlah handuk letakkan satu tangan anda di bawah pundak si kecil, sementara tangan yang lain diletakkan di bagian pantat. masukkan si cabang bayi anda secara pelan pelan ke dalam bak mandi.

Baca Juga : Tip’s Menghadapi Anak yang Rewel

11. Topang bagian leher dan pundak si cabang bayi , lalu sabuni setelah itu di bilas, pegang bagian pantatnya lalu diangkat, bungkus si cabang bayi dengan handuk yang lembut. tepuk tepuk dengan perlahan agar kering , biarkan terlebih dahulu si cabang bayi terbungkus handuk selama si mommy menyiapkan popok dan baju/bedong untuk si cabang bayi.

12. Buka handuk si kecil lalu Kasih minyak telon ke tubuh si cabang bayi agar tubuh terasa hangat bagi si kecil, kemudian pakaikan popok lalu bedong si cabang bayi kita

13. Setelah di bedong sisir rambutnya biar terlihat keren lalu beri bedak yang wangi sedikit di bagian wajah agar kulitnya wangi supaya kl di cium sama om, tante, eyang , mbah, mba , mas biar gak malu maluin n biar gak bau apek

14. Si Rara siap bergaya di etalase dan siap di foto ,,,,cherssss, jepretttttt

15. kl ada yang mau ngasih kado …..silahkannn , monggoooo,

Direkam pd tgl 21 Januari 2014 [3 hari setelah Rara lahir]

Model bayi mandi : Lathifa Aurora Angguny

itulah tips bagaimana cara memandikan dan membedong si cabang bayi yang baru lahir , yang mau share monggooo, insyaAllah dapet pahala , aminnn


info lain tentang : Kesehatan | Tip’s Unik | Asal usul | Musik |


Baca Juga Artikel Unik :

Ketika Telinga Berdenging
Arti Kedutan Pada Tubuh Menurut Primbon Jawa
Saat Telinga Berdenging “Primbon”

Baca juga Tips menarik & Unik :

Tips Ampuh Untuk Menentukan Jenis Kelamin Anak Cewek or Cowok
Cara Membuat Lampu Botol Solar Gratis dan Hemat
Cara Mudah Download Video di Youtube Tanpa Software