freak show

Silverchair / Freak Show (1997)
Murmur Records

Sedikit berbeda dari album sebelumnya, menurut analisa gue kalo Frogstomp (1995) didominasi lagu-lagu yang diciptain pake riff-riff gitar yang kentel, dan sekarang sepertinya si daniel pun mulai mengeksplor sitar, piano, cello dsb untuk proses bereksperimen si pentolan. Proses lagunya sih sudah lebih ok menurut gw dan dinamika dalam sebuah lagu ataupun antar tracklist juga patut diacungi jempol (pake jempol kaki malah!) hahahah..

Slave” sebagai track pembuka alias mukadimah nih, si daniel langsung pamer sound2 tebel buangett nih, sesaat teringat di album pertama “Frogstomp” tapi lagu yang ini lebih ngajak berantem atawa tawuran , apalagi pas start dimenit yg ke 2:48 ke belakang, beuh! eduaneeee……..

Next, judul lagunya adalah sebuah kata yang akhir-akhir ini sering kita denger dimana-mana, “freak”, hehehe.. Riff gitar cocok banget n pas dah dengan lirik verse pertama yang super jenius “..No more maybes, your baby’s got rabies..!” Man, the monster has finally landed!!

Abuse me” jadi lagu down tempo yang melankolis nan syahduhh [preett] , dengan petikan dawai gitar nyang berefek vibrato, bikin suasana lagu ini kaya kebanyakan cocaine, menerawang dikit alice in chains. lirik nyang begitu depresi n minta disiksa, mungkin juga mereka dah jenuh banget sama orang2 nyang keras kepala alias kepala batu.

Nuansa Punk-rock masih beserta silverchair, berasa banget nih di “lie to me”, bahkan di dalam album greatest hits lagu ini berubah menjadi nama menjadi “punksong#1? dan menurut gue ini adalah mixingan paling raw di album ini, bahkan vokalnya daniel tidak terlalu ketara banget, busuk banget dah ahhh..! tapi keren sob!! ;p

lanjut ke “no association”, disini lagu yang sangat bernuansa nu-metal, lagu ini menurut gw sangat bergaya deftones dan KORN bangettt, entah mengapa ya,  namanya juga ekplorasi bro, n patut bingits untuk dihargai!

lagu paling megah di album ini udah pasti “cemetery”, dengan gitar akustik + biola dan beberapa elemen orkestra lainnya bikin bulu kuduk gw merinding bukan horor ya lagunya. yang gw terawang banyak kesedihan di lagu ini, ada rasa frustasi dan juga rasa amarah. yang gue analisa dari liriknya adalah rasa optimisme bro, padahal bro itu judul lagunya agak horor ya.

dari intronya aja udah ketauan kalo “The Door” bakal jadi lagu yang enak nih . nah kan bener ada nuansa bluesnya langsung kerasa, goyang abis bro, tarik mangggg, apalagi kalau dibawain buat ngejam nih, bawaannya goyang aza nih.

Pengalaman dengan teman dekat dan juga drugs ada di “Pop song for us rejects”, untuk lirik lagunya deskriptif dengan nada nyanyi yang terlalu pop bingitss analisa gue ya.. hehehe..

Ga berasa lo dah baca dan gue udah ngetik terus, cuma skrg minum coca cola dula bray ama makan kuaci dikit dah , okay.. nah skrg pasang “Learn to hate”, bukan berarti nyuruh lo jadi marah2 gak jelas, coba kalo berani tempel aja kepala lo ke speaker biar tau gimana rasanya.. mantab kan bro.

Abis “mateng” dengerin learn to hate, langsung sambung ke “petrol and chlorine”, nuansa pychedelic ala indiaheee langsung kerasa.. [apalagi kl ada pohon nih, hedehhhh] trus bunyi sitarnya , gendang-gendang, sedikit teringat akan the legend nih “the beatles” .. tp tunggu dulu Silverchair tidak mau terjebak begitu aza bro, bahkan  elemen biolanya otu lohh dengan nada-nada padang pasir, mirip kaya lagu apaan yahhh , lagi mikir dulu nihhhh……oh ternyata ini mirip  lagu “dancing days” milik led zeppelin

Roses” lagu ini bisa juga dibilang salah satu lagu simple namun dengan aransemen yang sedikit amat ribet, eksplorasi beat atau ketukan terasa sekali di lagu ini.

Nobody came” kembali bercerita tentang KDRT seorang bapak ke anaknya, sebetulnya beberapa part lagu ini lebih cocok buat lagu bertemakan magic atau mistis, sangat absurd sekali jadinya, sekali lagi ini adalah hasil eksplorasi, tepuk tangan dulu bro , (Still) good job!

Lagu terakhir sebagai penutup adalah “The Closing”, berasa banget nuansa grungenya dan proses songwriting yang masih jamming, kurang pas banget ya bro sebagai lagu penutup ni lagu, so tapi mereka itu SILVERCHAIR kawan!