Bro ini salah satu lagu kesukaan ane Jeremy – Pearl Jam

based on true story ya bro,  

simak kisah di balik cerita lagu dari  Pearl Jam berjudul  “Jeremy”

“Jeremy” adalah sebuah lagu oleh band Amerika Pearl Jam. Ditulis oleh bassis Jeff Ament dan vokalis Eddie Vedder, lagu itu terinspirasi oleh sebuah artikel surat kabar Vedder membaca tentang seorang anak yang bunuh diri di depan teman-teman sekelasnya. “Jeremy” dirilis sebagai single ketiga dari album Pearl Jam debut, Ten, (1991) pada tahun 1992 Lagu ini mencapai nomor lima titik pada kedua Mainstream dan Modern Rock Billboard chart. “Jeremy” disertakan pada album greatest hits Pearl Jam, Rearviewmirror (greatest hits 1991-2003).

Lagu ini terutama menjadi terkenal dengan cara video musiknya (disutradarai oleh Mark Pellington dan dirilis pada tahun 1992), yang dimasukkan ke dalam rotasi berat oleh MTV dan menjadi hit. Pada tahun 1993, “Jeremy” Video dianugerahi empat MTV Video Music Awards, termasuk Best Video of the Year.

Video ini menggambarkan seorang anak yang selalu diejek teman-teman sekelasnya dan diabaikan oleh orang tuanya. Pada akhir video, dia nampak berjalan-jalan di dalam kelas dengan pistol, lalu mengangkat lengan. Lewat sebuah tembakan, berikutnya digambarkan para siswa yang duduk diam dan terpana di dalam kelas terpercik semburat darah.


Lagu ini mengambil inspirasi utama dari sebuah artikel koran tentang anak bernama Jeremy Wade Delle, 15 tahun yang lahir 10 Februari 1975. Jeremy yang lahir di Richardson, Texas menembak dirinya sendiri di depan kelas bahasa Inggrisnya di Richardson High School pada pagi hari, tanggal 8 Januari 1991, sekitar pukul09:45.

Dalam sebuah wawancara 2009, si pembuat video, Vedder mengatakan bahwa ia merasa “perlu” mengambil artikel kecil dan membuatnya menjadi sesuatu yang bisa memicu reaksi dan kontroversi. MTV dan VH1 lantas menyensor video untuk tidak ditayangkan, dan bahkan sekarang, video yang membuat miris banyak orang ini sangat jarang terlihat atau ditemukan.

 Salut untuk Eddie Vedder


 

Tonton Video Kontroversial :


Simak Juga Musik Rock Alternative :